Minggu, 22 Juli 2012

4 Langkah untuk Memulain Bisnis


Bisnis merupakan sebuah usaha, dimana setiap pengusaha harus siap untung & siap rugi. Dengan memulai sebuah bisnis kita memerlukan ide dan modal. Selain itu kita harus membuat perencanaan Bisnnis Sederhana dan Strategi Marketing untuk keperluan saat kita berbisnis nanti. Artikel kali ini, akan membahas tentang 4 Langkah untuk Memulain Bisnis antara Lain :

  1. Ide
    Tanpa ide, kita tidak akan memulai suatu bisnis. Maka dari itu untuk memulai bisnis yang paling utama adalah ide.

  2. Modal
    Langkah yang kedua adalah modal. Dengan modal yang dimiliki, kita membeli perlengkapan dan bahan yang kita butuhkan untuk memulai suatu bisnis. Kita harus mengetahui berapa banyak ang dibutuhkan untuk memulai usaha ini, walaupun usaha tersebut bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil. Selain itu kita harus mengetahui dari mana sumber modalnya, Apakah dari kocek pribadi, bekerjasama dengan orang lain, atau mengajukan pinjaman dari orangtua.

  3. Membuat Perencanaan Bisnis Sederhana
    Perencanaan ini berguna memperkirakan kebutuhan produksi dan manajemen keuangan dari bisnis kamu nantinya, setidaknya untuk 1 tahun ke depan. Misalnya untuk kebutuhan peralatan dan bahan  baku, sewa tempat, gaji karyawan dan gaji kamu sendiri, transportasi, biaya overhead dan lain-lain. Perencanaan bisnis akan membantu kamu menentukan berapa modal yang dibutuhkan dan dari mana sumber pendanaannya. 

  4. Membuat Strategi Marketing
    Selanjutnya, kita juga perlu membuat strategi marketing untuk menentukan bagaimana kamu akan menjual produk kamu, apa nama merknya, siapa target pasarnya, dan lain-lain. Jangan lupa membuat jadwal untuk menentukan kapan mulai menerapkan strategi marketing tersebut dan memulai bisnis kamu.

0 komentar:

Posting Komentar